Komcad

Warga Kuningan Antusias Ikut Seleksi Komponen Cadangan TNI

Jabar

KabarBandung – Tercatat sebanyak 65 warga Kabupaten Kuningan mengikuti tes seleksi program Komponen Cadangan (Komcad) matra darat di Makodim 0615 Kuningan pada Sabtu (29/5/2021).

Warga yang berhasil lolos seleksi akan membantu negara ketika dalam kondisi darurat.

Baik darurat ancaman perang maupun darurat bencana alam. Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan mengatakan proses dan tahapan pendaftaran sama dengan masuk militer.

“Tapi program ini ini bisa dikatakan semi militer,” kata dia.

David menjelaskan, program tersebut merupakanb gabungan peran militer dengan sipil. Mereka berperan mempertahankan negara dari invasi.

Dari hasil seleksi, akan dipilih warga yang benar-benar memiliki kemampuan untuk bisa menjadi pasukan cadangan militer.

“Kami perlu memastikan peserta yang lolos menjadi adalah personel terbaik. Harus memiliki kemampuan yang bisa mendukung kegiatan militer,” ungkapnya.

Setelah lolos seleksi, warga yang menjadi Komcad ini bakal dipilih untuk ditugaskan di dalam maupun di luar kedinasan. David menjelaskan untuk Komcad di dalam kedinasan akan mendapat penugasan yang sama dengan prajurit TNI.

Dalam dinas aktif Komcad melaksanakan tugas negara dalam bidang pertahanan. Anggota Komcad dalam penugasan sama dengan pembinaan prajurit TNI.

“Sementara untuk di luar dinas aktif, semua sumber daya yang tergabung pada Komcad kembali melaksanakan tugas semula atau sesuai profesinya masing-masing. Artinya setelah melaksanakan latihan akan dikembalikan ke masyarakat, yang tadinya PNS kembali sebagai PNS, yang tadinya mahasiswa kembali sebagai mahasiswa,” imbuhnya.

Menurutnya semua warga yang lolos menjadi Komcad harus siap kapanpun dipanggil negara untuk mendapat penugasan apapun dan kemana saja.

“Apabila nanti negara memanggil untuk ikut serta bela negara harus siap dimobilisasi kemana saja, kapanpun,” kata David.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *