Lembang

Wisatawan di Lembang Saksikan Gerhana Bulan

Bandung Raya

KabarBandung – Masyarakat yang ada di sekitaran wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, memadati objek wisata Lereng Anteng untuk menyaksikan fenomena alam Gerhana Bulan Total, Rabu (26/5/2021).

Pengamatan gerhana bulan di Lereng Anteng sendiri difasilitasi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung. Sejak siang masyarakat sudah berjubel menantikan fenomena astronomi tersebut.

Ramdhan (33), warga Kota Bandung, menyebut jika mengamati fenomena gerhana bulan secara langsung ketimbang virtual lebih berkesan. Apalagi pengamatan kali ini dilakukan di objek wisata Lembang.

“Sebetulnya kebetulan sedang wisata ke sini, bawa keluarga. Ternyata ada pengamatan gerhana oleh BMKG, ya jadi pengalaman yang berkesan karena baru pertama kali lihat langsung,” ujar Ramdhan.

Beruntung cuaca di kawasan wisata Lembang sendiri sedang mendukung. Meskipun tak terlihat terlalu jelas, namun setidaknya ada setitik cahaya gerhana yang bisa dilihat anak-anaknya secara langsung.

“Kebetulan anak-anak saya belum pernah melihat gerhana secara langsung. Jadi ini kesempatan yang berharga buat mereka, sebagai bahan pembelajaran juga,” bebernya.

Sementara itu, BMKG Bandung sendiri melakukan pengamatan Gerhana Bulan Total dengan menggunakan teropong Vixen Sphinx ED80SF.

Bagi masyarakat yang tidak sempat datang dapat menyaksikan proses gerhana secara live melalui https://www.bmkg.go.id/gbt.

Gerhana kali ini beriringan dengan terjadinya Perige yakni waktu ketika bulan berada di jarak terdekatnya dengan bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *