Pindad

Rantis Maung Pindad Bisa Dipesan Kalangan Sipil

Bisnis

KabarBandung – Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengatakan, pihaknya mulai membuka pemesanan kendaraan taktis Maung 4×4 versi sipil.

Kendaraan taktis (rantis) Maung Pindad itu bisa menjadi pilihan masyarakat, khususnya bagi para penggemar kendaraan rantis yang ringan dan kental dengan gaya militer.

Abraham Mose mengatakan, harga Maung Pindad bagi warga sipil sejauh ini masih dalam bentuk kisaran. Kepastian harganya baru akan ditentukan dalam beberapa bulan ke depan.

“Kepastiannya nanti di Juni, tapi soal kisaran Maung versi sipil ini masih sama, sekitar Rp600 juta sampai Rp700 jutaan. Nanti itu juga tergantung dari custom yang diinginkan konsumen,” ucap Abraham Mose, Selasa (18/5/2021).

Menurut Abraham Mose, sampai saat ini sudah ada 100 unit Maung Mose versi sipil yang telah terpesan. Beberapa sudah dikirim ke konsumen, dan lainnya masih dalam proses pengerjaan.

Konsumen juga diberikan kesempatan soal modifikasi atau custom yang diinginkan dari kendaraan berbasis mesin turbodiesel 2.400 cc tersebut.

Mulai dari sektor interior, eksterior, hingga warna. Namun, yang pasti untuk peralatan militer tidak akan digunakan.

“Proses pengerjaan Maung versi sipil ini tidak kita produksi sendiri, ada partner atau pihak luar juga yang ikut berperan mengerjakannya agar lebih mudah mengerti apa yang diinginkan konsumen, khususnya untuk yang custom. Jadi yang Rp 600 juta itu harga dasarnya,” kata Abraham Mose.

PT Pindad memproduksi Maung dengan dua versi, yakni versi militer dan versi sipil. Kedua versi tersebut mempunyai sejumlah perbedaan yang paling utama, yaitu tak ada kelengkapan persenjataannya, selain itu juga perangkat GPS dan pelacak kendaraan.

Maung sendiri menggunakan basis mesin dari Toyota Hilux dengan kapasitas silinder 2.494 cc turbo diesel 16 Valve DOHC.

Dari data di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 149 tk, sedangkan untuk torsinya yaitu 400 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan ke sistem penggerak 4WD dengan rear differential lock.

Maung Pindad memiliki daya angkut 4 orang, dengan dimensi panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, dan tinggi 1.820 mm. Jarak sumbu roda Maung Pindad ialah 3.090 mm.

Menggunakan mesin Turbo Diesel 4-Cylinder, 16 Valve DOHC, Maung Pindad memiliki transmisi manual 6 Speed, dan berbahan bakar diesel.

Maung Pindad memiliki kecepatan aman 120 kpj, dengan daya tanjak mencapai sekitar 31 derajat. Adapun kapasitas BBM Maung Pindad ialah 80 liter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *