Bakso

Lima Bakso Juara di Kota Bandung

Bandung Raya

KabarBandung – Warga Bandung dan sekitarnya punya tradisi kuliner yang unik saat Lebaran. Mereka bakal seharian masak hidangan khas Lebaran seperti ketupat, opor ayam, rendang, sambal goreng kentang dan sayur cabai, namun saat hari H Lebaran, banyak di antara mereka yang jmalah berburu bakso.

Ada yang beranggapan jika warga berburu bakso di hari Lebaran karena sudah jenuh dengan makanan khas Lebaran yang bersantan.

Mereka mencari alternatif kuliner yang memiliki cita rasa lain. Bakso yang bisa dipadukan dengan kecap, cuka, saus dan sambal dapat memberikan rasa segar, pedas, dan asam seakan menjadi penawar bagi masakan bersantan yang dihidangkan di rumah.

Dari sekian banyak kuliner bakso di BandungSuara.com merekomendasikan lima tempat ini untuk kamu jajal khususnya di saat Lebaran.

1. Mie Bakso Akung

Mie bakso legendaris ini ada sejak 1970 dan sudah sangat tersohor di kalangan warga Bandung. Kepopuleran tempat ini semakin bertambah saat muncul di film Dilan 1990.

Urusan cita rasa tidak perlu diragukan lagi, apalagi menu mie yamin yang disajikan dengan taburan potongan daging ayam dan kuah terpisah jadi favorit pelanggan. Selain itu, pelanggan dapat memilih isian kuah kaldu seperti bakso, pangsit, dan ceker.

Mie Baso Akung berlokasi di Jalan Lodaya No.123, Lengkong, Kota Bandung. Untuk ukuran mie bakso, harganya memang cukup mahal yaitu Rp48.000 untuk satu porsi dengan isian lengkap. Waktu operasional tempat ini pukul 10.00-20.00 WIB, dan tutup pada hari Jumat.

2. Bakso Bintang Avon

Tak kalah populer dan enak dari Mie Baso Akung, tempat yang lebih dikenal dengan Baso Bintang Avon ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani No.29 A, Bandung.

Ada sejak 1992, selain dikenal dengan cita rasa yang enak, porsi yang banyak juga menjadi ciri khas kedai ini. Untuk satu porsi lengkap mie yamin dengan kuah isi baso, pangsit, siomay, ceker, dan babat dibandrol Rp 37.000.

Kedai ini juga membuka cabangnya yang berlokasi di Jalan Buah Batu 1. Buka setiap hari dengan jam operasional berbeda. Senin-Kamis (10.00-20.30), Jumat (13.00 -21.00), dan Sabtu-Minggu (10.00-21:00).

3. Bakso Enggal Malang
Sesuai dengan namanya, kedai ini menjual bakso Malang. Bagi pecinta kuliner bakso Bandung, kedai ini merupakan tempat yang sempurna untuk mencicipi bakso Malang.

Terdapat beberapa varian baso yang ditawarkan, yaitu bakso besar urat, bakso halus, bakso kecil, bakso goreng, tahu, siomay basah, siomay goreng dan kresol. Untuk satu porsi harga yang dibandrol bergantung pada jenis dan jumlah bakso yang dipilih pelanggan.

Namun biasanya kisaran harga satu porsi Rp 20.000. Kedai Bakso Enggal Malang berlokasi di Jl. Burangrang No. 12, Burangrang, Bandung, dan buka setiap hari pukul 09.00-22.00 WIB.

4. Bakso Mang Apid

Kedai ini memiliki bakso yang cita rasanya berbeda dari yang lain dengan rasanya yang gurih dan rasa daging sapinya yang sangat terasa membedakan bakso ini dengan yang lain.
Menurut pemilik kedai yang biasa disebut Mang Apid, ia mulai berjualan bakso dari tahun 1980-an. Bermula berjualan menggunakan gerobak dan pernah berjualan di Asrama Polisi, lalu pindah ke Jalan Gandapura dan terakhir tahun 2013 di depan SMP Negeri 4 Bandung.

“Idenya dari orang Solo untuk membuat bakso ini dan pasti pelanggan kalau ditanya sama saya mengenai perbedaan bakso dengan yang lain yaitu rasanya yang identik disini,” ujar Apid.

Bakso Mang Apid ini harganya murah dengan rasa yang membuat lidah bergoyang. Harga antara Rp 3.000 hingga Rp 15.000. Ada dua isian bakso yaitu telur dan daging cincang. Untuk satu harinya Bakso Mang Apid ini bisa menghabiskan 500 biji bakso.

Kedai Bakso Mang Apid ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 malam. Pelanggannya sendiri bahkan rela datang dari jauh seperti Dago, Arcamanik, Ujung Berung untuk menikmati kelezatan Bakso Mang Apid ini.

5. Bakso beranak ala Mas Joko

Bakso beranak adalah bakso yang memiliki ukuran cukup besar, yang di dalamnya terdapat bakso yang berukuran kecil disertai dengan daging cincang dan juga telur. Jenis bakso ini dapat dinikmati oleh dua sampai tiga orang sekaligus karena porsinya yang cukup banyak.

Penjual bakso beranak yang terkenal di kawasan Lengkong adalah bakso Mas Joko. Hal yang membedakan bakso beranak di sini dengan bakso lainnnya adalah menu bakso beranak mercon.

Isi dari bakso beranak mercon ditambahi cabai di dalamnya. Hal ini, tentu saja dapat menjadi daya tarik untuk pecinta kuliner khususnya pecinta makanan pedas.

“Yang membedakan bakso di sini dengan yang lain, tentunya di sini tekstur baksonya lebih lembut dan adanya menu baru yaitu bakso beranak mercon. Menu ini tentu saja karena ingin ada rasa yang baru dan beda dari yang lain,” jelas Joko.

Harga yang ditawarkan kisaran Rp 20.000 hingga Rp 25.000. Dengan harga tersebut, Anda dapat menikmati bakso beranak mercon dengan rasa yang nikmat.

Banyak pelanggan yang telah berdatangan baik dari kalangan mahasiswa maupun pekerja kantoran, yang memesan ke tempatnya langsung maupun melalui layanan ojek online.

Bakso Mas Joko buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB sampai 22.00 WIB. Bakso Bernanak Mas Joko ini memiliki dua cabang yaitu di Jalan Melong Kaler No. 4 dan di Jalan Lengkong Besar yang berdekatan dengan kampus Fisip Universitas Pasundan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *