Selama Bulan Ramadhan, Disperindag Jabar Jamin Kebutuhan Pokok Aman

Bandung Bandung Raya Bisnis News Terkini

BANDUNG, KABARBANDUNG.COM- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat (Jabar) menjamin harga barang kebutuhan pokok tetap stabil memasuki Bulan Suci Ramadhan tahun 2021 dan stabilitas harga dipengaruhi dengan stok barang kebutuhan pokok yang aman dan terkendali.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jabar M Arifin Soedjayana, Selasa, mengatakan walaupun harga stabil dan tidak ada kelangkaan, pemantauan dan pelaporan harga barang kebutuhan pokok akan intens dilakukan sesuai dengan Petunjuk Teknis Kementerian Perdagangan tentang Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Harga.

Arifin menuturkan koordinasi dan kolaborasi dengan perangkat daerah terkait pangan, peternakan, pertanian, dan perikanan, dalam mengawal ketersediaan barang kebutuhan pokok terus dilakukan.

“Bersama Tim Satgas Pangan Jabar akan meminta pada semua pihak yang menyimpan stok diluar kewajaran untuk menjual barang komoditas yang disimpannya ke pasar sesuai harga kewajaran atau Harga Eceran Tertinggi atau HET atau harga acuan di konsumen,” kata Arifin seperti dikutip Kabarbandung.com dari Antara.

Pihaknya, kata dia, juga akan memperkuat kolaborasi dengan APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) dan APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) apabila ada kenaikan harga secara signifikan dalam beberapa hari atau minggu ke depan.

“Warga diharapkan dapat berbelanja dengan tenang ketika stok dan harga terkendali. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk membeli barang kebutuhan pokok sesuai dengan kebutuhan. Jangan berlebihan,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil memantau harga kebutuhan pokok di Kota Bandung, Selasa, atau pada hari pertama puasa Ramadhan 2021.

Lokasi pertama yang dikunjungi oleh Mendag Lutfi dan Kang Emil ialah Pasar Kosambi Bandung.

Di Pasar Kosambi, Mendag dan Kang Emil berdialog dengan sejumlah pedagang di kios sayuran, beras dan kios daging ayam.

“Pak, gimana harga daging ayam hari ini pak,” tanya Mendag Lutfi kepada salah seorang pedagang ayam di Pasar Kosambi.

“Harganya (daging ayam) hari ini Rp42 ribu. Sebelumnya Rp32 ribu sekilonya. Saya dapat barangnya dari bandar di Lembang,” ujar pedagang ayam tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Mendag Lutfi juga membeli 2 kg telur ayam di Pasar Kosambi.

Usai memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Kosambi, Mendag Lutfi dan Ridwan Kamil melanjutkan peninjauan ke Pasar Sederhana Kota Bandung (Ant/KBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *